Kisi-Kisi Mapel KKPI 2013-2014




Komputer berasal dari bahasa latin computareyang berarti menghitung.
Karena luasnya bidang garapan ilmu komputer, para pakar dan peneliti sedikit berbeda dalam mendefinisikan termininologi komputer.
Sistem kerja komputer secara garisbesar terbagi atas 3 bagian, dan seluruh bagian ini saling berkaitan satu sama lain.


·         Input deviceatau alat masukan adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk memasukkan data atau perintah ke dalam komputer
·         Process deviceatau alat pemroses adalahperangkat keras komputer yang berfungsi untuk mengolah data atau perintah yang diterima oleh alat masukan dan memberikan hasil pengolahan data tersebut kepada bagian output
·         Output device atau alat keluaran adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan hasil yang telah diolah oleh bagian proses

Rangkuman kegiatan belajar 1
Keyboard merupakan salah satu perangkat input yang berfungsi untuk memasukkan data secara langsung kepada bagian proses
Secara fisik, keyboarddapat dibagi menjadi 4 jenis, yaitu:
Serial, PS2,  Wireless, USB.
• Keyboardterdiri atas 4 bagian utama, yaitu:
o  Typing keys;
o  Numeric keypad;
o  Function keys;
o  Control keys.
•Tombol ketik pada keyboardterdiri atas 2 jenis, yaitu QWERTY dan DVORAK.

Periferal merupakan semua peralatan yang terhubung dengan komputer. Berdasarkan kegunaannya periferal terbagi dua yaitu:
1.       Periferalutama (main peripheral) yaitu peralatan yang harus ada dalammengoperasikan komputer. Contoh periferalutama yaitu: monitor, keyboarddan mouse.
2.       Periferalpendukung (auxillary peripheral) yaitu peralatan yang tidak mesti ada dalam mengoperasikan komputer tetapi diperlukan untuk kegiatan tertentu. Contohnya yaitu: printer, scanner, modem, web camdan lain-lain.
Sedangkan berdasarkan proses kerjanya dalam mendukung pengoperasian komputer terbagi menjadi:
1.       Perangkat masukan (input), adalah perangkat yang digunakan untuk memasukkan data atau perintah ke dalam komputer. Perangkat tersebut antara lain  keyboard, mouse,  scanner, digitizer, kamera digital, microphone, dan periferal lainnya
2.       Perangkat keluaran (output), adalah peralatan yang kita gunakan untuk menampilkan hasil pengolahan data atau perintah yang dilakukan oleh komputer. Perangkat tersebut antara lain monitor,  printer,  plotter, speaker, dan lain lainnya.
Untuk menghubungkan perangkat inputdan perangkat outputke komputer dengan menghubungkan dengan kabel ke port yangada di komputer. Berikut ini gambar port-port yang ada di komputer untuk menghubungkan ke konektor periferal.


Printer

Secara umum jenis printer dibagi menjadi tiga, yaitu :
a. Printer Dot Matrix
b. Printer Inkjet
c. Printer Laser
Jenis-jenis port yang terdapat pada printer, yaitu :
a. Paralel Port
b. USB Port
Sebelum kita menggunakan printer kita harus menginstall printer tersebut ke dalam komputer kita  serta mengatur konfigurasi setting yang ada pada komputer sesuai dengan keinginan kita.

Gambar 3.20
Tampilan mencetak data pada halaman yang sedang aktif/tampil di layar monitor

Excel
Berikut ini ditampilkan dua cara memulai operasi lembar sebar yang sering digunakan :
- Pertama menggunakan sistem operasi windows lembar sebar yang digunakan Microsoft Excel.
- Kedua menggunakan sistim operasi linux lembar sebar yang digunakan open office Calc
Ketika Microsoft Excel atau OpenOffice Calcdiaktifkan maka sebuah buku kerja (workbook)kosong akan terbuka, siap untuk digunakan. Buku kerja baru tersebut terdiri dari 3 lembar kerja (Sheet)yang diwakili melalui tab lembar kerja (tab sheet) yang terletak di jendela aplikasi paling bawah
Jumlah Sheet dalam tiap workbook dalam ditambah atau dikurangi sesuai dengan kebutuhan. Tiap lembar kerja dalam buku kerja, terdiri dari 256 kolom dan 65536 baris.
Kolom diwakili oleh huruf, A, B, C,D ……, sedangkan baris diwakili oleh angka 1, 2, 3,….Sampai 65536. perpotongan antara baris dan kolom disebut Cell. Cell diberi nama menurut posisi kolom dan baris pada lokasinya. Contohnya Cell C5 adalah perpotongan antara kolom C dan baris 5.
Pekerjaan dasar yang perlu di pelajari berikutnya adalah:
1.  Membuat Buku Kerja Baru dengan cara :
Klik Menu File → New
2.  Menyimpan Buku Kerja dengan cara :
Klik Menu File → Save dari kotak dialog Save Asyang tampil beri nama file yang akan disimpan kemudian klik tombol Save
3.  Membuka Buku Kerja Yang Pernah di Simpan dengan cara :
Klik Menu File → Open dari kotak dialog Openyang tampil cari file di direktori penyimpanan kemudian klik tombol Open
4.  Menutup Buku Kerja dengan cara :
Klik Menu File → Close, maka lembar kerja akan tertutup.
5.  Keluar dari LembarSebar dengan cara :
Klik Menu File → Exit, maka lembar sebar akan tertutup.

PowerPoint
Microsoft Office Power Point sebagai salah satu aplikasi diantara aplikasi-aplikasi office lainnya seperti Microsoft Word, Excel dan lain-lain, merupakan aplikasi yang digunakan untuk melakukan kegiatan presentasi,jadi anda dituntut untuk menguasai modul ini sampai anda dapat mempresentasikan dan bertugas sebagai presenter.
Cara cepat Menampilkan atau menjalankan file presentasi adalah F5
Perintah menambah slide baru Insert new slide
Save as type  =  type file yang akan digunakan,   sebagai contoh ;
  - presentationà.ppt (default presentasi)
  - powerpoint showà.pps (file show)
  - Read Text File à.rtf (file berupa text) dll.

Internet
Internet  (Inteconnected‐Network)  merupakan  sekumpulan  jaringan komputer  yang  menghubungkan  berbagai  macam  situs.  Internet menyediakan  akses  untuk  layanan  telekomunikasi  dan  sumber  daya informasi  untuk  jutaan  pemakainya  yang  tersebar  di  seluruh  Indonesia bahkan seluruh dunia.
Jaringan yang membentuk internet bekerja berdasarkan suatu set protokol standar  yang  digunakan  untuk  menghubungkan  jaringan  komputer  dan mengamati lalu lintas dalam jaringan. Protokol ini mengatur format data yang diijinkan, penanganan kesalahan (error‐ handling), lalu lintas pesan,
dan standar komunikasi lainnya. Protokol standar pada internet dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protokol/ Internet Protokol). Protokol ini memiliki kemampuan untuk bekerja pada segala jenis komputer, tanpa terpengaruh oleh perbedaan perangkat keras maupun sistem operasi yang digunakan.

Beberapa  software  web  browser  yang  sering digunakan diantaranya :
1.  Internet Explorer
2.  Netscape Navigator
3.  Mozilla
4.  Opera

Alamat internet atau alamat sebuah web kadang disebut URL (Uniform Resource Locator) yang biasanya terdiri dari 4 bagian :
1.  Nama protocol (protocol adalah aturan‐aturan atau standar yang membuat komputer dapat saling berbagi informasi).
2.  Lokasi dari situs, contohnya WWW (World Wide Web)
3.  Nama organisasi yang mengatur situs.



4.  Sebuah  akhiran  yang  mengidentifikasikan  jenis  dari  organisasi. (contohnya .com untuk sebuah organisasi komersial) Contoh alamat internet http://www.dikmenjur.net/ yang berarti:

Karena  begitu  banyaknya  web  dan  situs  pada  masa  sekarang  ini  maka  kita membutuhkan suatu alat untuk melakukan pencarian situs atau web tersebut. Alat ini dikenal dengan istilah search engine berikut kita akan berkenalan dengan beberapa search engine yang sangat terkenal.

Dalam penggunaan mesin pencari (Search Engine) yang perlu diperhatikan adalah ketika hendak memasukan kata yang akan dicari harus pada posisi text box yang disediakan oleh mesin pencari. 
Contoh : yahoo.com, google.com, altavista.com, Lycos.com dan masih banyak mesin pencari lain.

Email (Electronic Mail) merupakan suatu proses dan carapengiriman pesan atau gambar melalui internet. Yang kita lakukan  bila  kita  berkomunikasi  menggunakan  e‐mail adalah  mengetikkan  pesan  yang  akan  kita  kirim  pada program komputer yang dikhususkan untuk keperluan ini misalnya Outlook Express, Yahoo Mail atau yang lainnya.
Aplikasi Email berbasis web. Internet Explorer, Netscape, Opera antara lain: plasa, yahoo, google, graffiti, hotmail dan sebagainya.
Netiket  atau  Nettiquette,  adalah  etika  dalam  berkomunikasi  melalui  e‐mail.  Seperti halnya berkomunikasi melalui surat atau  bertatap muka, berkomunikasi dengan e‐mail butuh tatacara   sendiri. Bisa dibayangkan.  Hampir setiap hari ada jutaan e‐mail dikirimkan dan diterima oleh begitu banyak orang. 
Hal-Hal yang perlu diperhatikan dalam berkomunikasi lewat email antara lain :
1.       Jangan terlalu banyak mengutip.
2.       Perlakukan e‐mail secara pribadi.
3.       Jangan gunakan huruf kapital.
4.       Jangan Membicarakan Orang Lain.
5.       Jangan gunakan CC.
6.       Jangan gunakan format HTML
7.       Jawablah Secara Masuk Akal


SELAMAT BELAJAR




Komentar

Postingan populer dari blog ini

K3 dalam Merakit PC

Xiaomi Xiaoyi Downgrade Firmware