Xiaomi Xiaoyi Downgrade Firmware

"This Camera Can Only Be Used Within China",  Bermain dengan Xiaomi Xiaoyi versi awal (720p) dengan model China, ada resiko ketika firmware tidak sengaja terupgrade ke versi akhir atau ketika membeli langsung mendapat firmware akhir yakni Xiaomi Xiaoyi tidak dapat digunakan lagi.   Bagaimana ketika kondisi ini terjadi? Tidak perlu kawatir karena ada langkah mudah yang harus dilakukan untuk melakukan downgrade ke versi yang lebih lama. Ada banyak versi firmware Xiaomi Xiaoyi 720p yang lama; namun ada satu versi yang menarik untuk digunakan karena masih menawarkan "Bahasa Inggris" yang lebih gampang dimengerti dibandingikan Bahasa China. Disini firmware yang digunakan memberi fungsi tambahan yakni device ini dapat diaktifkan menjadi RTSP (Real Time Streaming Protocol) sehingga dapat digunakan sebagai enterprise IP Camera yang dapat dihubungkan dengan NVR(Network Video Recorder).
Disini akan coba diberikan langkah-langkah melakukan downgrade (menurunkan versi) Xiaomi Xiaoyi sehingga bisa digunakan kembali dan adapun hal-hal yang diperlukan untuk proses downgrade ini adalah sebagai berikut:
  1. Xiaomi Xiayi 720p China Version - Yang akan didowngrade bisa karena kesalahan upgrade atau saat beli sudah mendapat firmware yang berbunyi "This Camera Can Only Be Used Within China"
  2. MicroSD Card - Lebih besar dari 2MB, untuk size maximum tidak ada masalah menggunakan 64GB. Belum pernah dicoba menggunakan microsd > 64GB
  3. Laptop/Ponsel - Untuk melakukan format dengan File System (ms-dos) FAT32, jangan menggunakan file system ExtFAT karena tidak akan dikenali.
  4.  Firmware Lama Xiaomi Xiaoyi - Yang akan digunakan adalah versi 1.8.6, bisa didownload disini s.id/xiaomi  kemudian pilih folder Xiaoyi-720p-CN dan download file dengan nama xiaoyi-1.8.6B-rtsp.zip atau link langsung via Goo.gl  
  5. Nah kalau masih belum punya Yi Home (Khusus China) bisa juga download di s.id/xiaomi di folder yang sama. Atau gunakan Mi Home dengan Mainland China
Dalam firmware   xiaoyi-1.8.6B-rtsp.zip ini selain firmware Xiaomi lama ada tambahan fitur yang bisa diaktifkan dan sangat menarik untuk digunakan yaitu:
  1. Fitur RTSP (Real Time Streaming Protocol) - Fungsi ini sangat menarik karena Smart Camera ini akan menjadi IP Camera yang bisa dilengkapi NVR(Network Video Recorder) sehingga hasil video disimpan ditempat terpisah. Lebih aman karena ketika Smart Camera dicuri masih ada backup rekaman dalam NVR. Untuk menggunakan fitur ini yang perlu diketahui adalah alamat RTSP URL, dan ada dua mode untuk RTSP url yakni HD & SD, berikut alamat dari RTSP URL:
HD RTSP: rtsp://[IpAddress]:554/ch0_0.h264  
SD RTSP: rtsp://[IpAddress]:554/ch0_1.h264
  1. Fitur Command Line (Telnet) - Berfungi untuk melakukan perubahan konfigurasi tanpa harus melakukan "reset". Contoh ketika network berubah dari SSID Yukova.Com menjadi Krisna.Net tanpa harus melakukan reset dan install ulang. Untuk menggunakan fitur ini yang perlu diketahui adalah
    Username : root 
    Password : 1234qwer
    

    Fitur ini juga rentan di-otak-atik jika kita tidak aware terhadap keamanan.
  2. Fitur FTP (File Transfer Protocol) - Berfungsi untuk transfer file dari luar (put) atau dari dalam keluar (get). Fitur ini sangat rentan di-otak-atik karena hanya perlu username anonymous untuk masuk jika tidak aware terhadap keamanan lebih baik dinonaktifkan saja.
Telnet & FTP to Xiaomi Smart Camera


Nah langkah untuk downgrade/menurunkan versi firmware sangatlah mudah, berikut beberapa langkah yang diperlukan:
  1. Format/Kosongkan MicroSD file system harus Ms-DOS/FAT32 
  2. Extract Firmware xiaoyi-1.8.6B-rtsp.zip didalam MicroSD atau copy semua file hasil extract kedalam MicroSD,  ada 2 buah file yakni home & home.txt & sebuah folder bernama test yang didalamnya ada 3 buah file. Ingat salin semua file tersebut di ROOT MicroSD tidak didalam folder. 
  3. Matikan Xiaomi Xiaoyi (Smart Camera) kemudian pasang MicroSD yang sudah berisi firmware kemudian nyalakan
  4. LED akan warna orange blink/berkedip menandakan sedang melakukan downgrade kemudian akan menjadi solid orange/tidak berkedip, kemudian blue/biru.
  5. Ada suara "Powering on please wait" berarti downgrade sukses
Untuk lebih jelasnya simak video tutorial downgrade Xiaomi Xiaoyi (Smart Camera) dibawah ini


Sekedar informasi bahwa pada saat downgrade firmware ke versi 1.8.6B tidak terjadi perubahan konfigurasi sehingga harusnya tidak perlu melakukan konfigurasi ulang (jika kejadiannya adalah terupgrade secara tidak sengaja). Jika pembelian baru, ada baiknya melakukan reset untuk memastikan konfigurasi lama terhapus.

Demikian informasi mengenai cara downgrade Xiaomi Xiaoyi, jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan pesan dibagian komentar.



Terima Kasih

Silahkan kunjungi sumber atau tulisan asli di alamat :
https://www.krisna.net/2016/09/xiaomi-xiaoyi-downgrade-firmware.html 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

K3 dalam Merakit PC